Pages

Kamis, 28 Maret 2019

CONTOH PMW DIDANAI GANESHA ”SERBU” (SERABI BUAH) CENTER: SENTRAL ANEKA KULINER KUE SERABI BERCITA RASA BUAH-BUAHAN

Indonesia adalah Negara yang terkenal akan kulinernya yang khas, variatif dan tentunya lezat dan nikmat rasanya ,salah satunya adalah aneka kuliner kue tradisonal yang ada di berbagai daerah di nusantara. Kue-kue tradisonal indonesia terkenal akan proses pembuatannya yang masih menggunakan peralatan yang sederhana sehingga memberikan cita rasa yang khas dan istimewa. Kue-kue tradisonal ini juga merupakan salah satu wujud identitas budaya di indonesia, salah satu contohnya adalah kue Serabi.
Kue Serabi atau Surabi adalah jajanan tradisional indonesia yang bentuknya seperti mangkok dan bertekstrur lembut dengan rasanya yang nikmat dan bergizi . Namun akhir-akhir ini kue yang di kenal dengan Jaje Laklak di bali ini cenderung jarang kita temui di daerah singaraja bali. Padahal kue ini sangat cocok di nikmati sebagai pengganjal perut di pagi hari, sebelum berangkat ke sekolah, kekampus maupun bekerja. Kedai, Warung maupun restoran yang ada di daerah singaraja bali juga jarang dan sulit ditemukan ada  yang menjual kue serabi. Ini mungkin dikarenakan proses pembuatan kue serabi yang masih menggunakan alat tradisonal dan kurangnya varian rasa dari kue serabi.
Singaraja adalah kota padat penduduk yang dikenal sebagai kota pendidikan yang tervaforit di Bali. Mayoritas penduduk Kota Singaraja adalah mahasiswa dan pelajar, sehingga aktivitas akademik maupun non akademik menjadi begitu padat. Hal ini tentunya berpengaruh pada aspek kesehatan seperti pola makan yang salah dan tidak teratur. Padahal nutrisi yang diperlukan hendaknya dapat memenuhi AKG (Angka Kecukupan Gizi) harian untuk melakukan segala aktivitas.
Melihat situasi yang diuraiakan di atas maka perlu adanya tindakan enterpreneurship dalam upaya mengembangkan usaha kuliner Serbu (Serabi Buah) dengan peluang high profit yang nantinya dapat di serbu oleh banyak orang seperti judulnya Serbu (serabi buah). Kampus Tengah UNDIKSHA di Kota Singaraja memiliki jumlah sivitas antara 8.000 s.d. 12.000 orang yang terdiri atas mayoritas mahasiswa, dosen,pegawai/staft, dan sebagainya. Jika jumlah tersebut ditambahkan dengan jumlah penduduk asli di Kota Singaraja, maka dapat disimpulkan bahwa Kota ini tidak pernah sepi. Sivitas akademika UNDIKSHA dan masyarakat di Kota Singaraja merupakan pangsa pasar yang baik dalam upaya pengembangan gagasan usaha kuliner kue serabi berbagai varian. Berdasarkan berbagai pemaparan yang telah disampaikan, diyakini bahwa gagasan program usaha kuliner Serbu (Serabi Buah) dari berbagai varian buah berlabel khas UNDIKSHA mampu bersaing dan layak diperjuangkandalam seleksi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2016.

0 komentar:

Posting Komentar